Harwintha Y. Anjarningsih, Ph.D
Seorang tenaga ahli linguistik yang bergelar doktor (S3)
Dengan pengalaman mendampingi anak-anak berbahasa Indonesia dan bilingual Indonesia-Inggris yang mengalami disleksia dan gangguan bahasa (Specific Language Impairment). Pengalaman praktis dan ilmiahnya dapat dilihat di artikel dan buku tulisannya di antaranya Disleksia-Perkembangan di Indonesia. Harwintha juga aktif berbagi tips pendampingan anak di channel YouTube dan akun instagram Rumah Bahasa Inklusif Indonesia.
Danny K. Tania, DISE, B.C.S.E, M.Pd
Berperan sebagai educational therapist dan konsultan pendidikan inklusi.
Beliau mengawali karirnya di bidang pendidikan dan bekerja sebagai seorang guru sekolah umum sejak tahun 2003. Tahun 2008, beliau mendapatkan peluang dari College of Allied (CAE) Singapura untuk bekerja sebagai seorang Senior Programme Manager dengan peran utama yaitu mempersiapkan lembaga kursus profesional dan mengelola program-program pelatihan yang disediakan oleh College of Allied Educators (CAE) Indonesia yang saat ini dikenal sebagai Cipta Aliansi Edukasi. Selama karirnya sebagai Programme Manager, Danny telah memperoleh pendidikan dan pelatihan tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus (disleksia, ADHD, autisme dsbnya) dari berbagai tenaga ahli dari berbagai spesialisasi seperti pendidikan khusus, autisme, ADHD, disleksia, psikologi pendidikan, terapi wicara, okupasi terapi, dan konseling. Selain pernah melakukan praktikum di Malaysia Dyslexia Association dan Saint Andrew Autism Center.
Beliau juga telah menyelesaikan program pendidikan dan pelatihan di bidang pendidikan khusus dan memperoleh beberapa sertifikat seperti Diploma of Educational Studies in Learning Disorders Management, Language Development, Child Psychology, Counselling dari College of Teachers (COT), UK dan Advanced Diploma in Special Education dari College of Allied Educators (CAE) Singapura. Tahun 2016, beliau telah menyelesaikan program pendidikan S2 di bidang pendidikan anak usia dini dengan minat di anak-anak usia dini dengan learning differences. Danny juga anggota dari National Association of Special Education Teachers (NASET), USA dan International Dyslexia Association (IDA), USA. Beliau saat ini juga berperan sebagai educational therapist dan konsultan pendidikan inklusi.
Marjuki, SPd., MSi
Pengajar (Orthoprdagog), Behavioral Therapy, Psikolog Pendidikan
Beliau berkecimpung dengan ABK sejak 1993 dan mendapat sertifikat Therapy ABA dari Australia. Menjadi Leader di Dwi Gantari Indonesia, dan konsultan di Sekolah Cahya Anakku dan mengajar di CAE. Beliau merupakan lulusan terbaik S1 PKH/PLB UNS dan lulusan terbaik untuk Magister Psikologi Pendidikan tingkat Fakultas dan tingkat Universitas dari UIN Jakarta.
Selain mengajar modul keberagaman anak dan ASD (Autistic Spectrum Disorder) di CAE, beliau juga masih terjun langsung sebagai terapis perilaku pada ASD dan juga dipakai saat beliau menjadi pembicara pada seminar-seminar dan pelatihan - pelatihan tentang anak-anak berkebutuhan khusus terutama anak-anak dengan Autisme.
Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd
Lulusan Master Health Profession Education
Berpengalaman di klinik selama 20 tahun untuk konseling, terapi anak berkebutuhan khusus.
Sebagai salah satu pendiri MS School & Wellbeing Center, Dzone Therapy Centre dan HeartSprings Therapy Center.
Mendapat penghargaan The Best Inspring People Award 2015, Srikandi Award 2015 dan 2017.
Penulis buku (Not So) Perfect Mom, Better & Better dan 40 is the New 20.
Sekarang aktif sebagai pengajar untuk guru-guru di bidang pertumbuhan anak, anak berkebutuhan khusus dan stress management di berbagai sekolah.
Putri Lenggo Geni, M.PSI
Seorang Clinical Child Psychologist di Medikids Clinic Bintaro, Tangerang Selatan
Beliau juga merupakan Co-Founder dari Forkids Clinic yang bertempat di Jati Waringin, Jakarta Timur.
Beberapa sertifikasi yang telah dicapai oleh beliau:
- Advance Certificate in DIR/Floortime, International Council of Development and Learning
- Brainspotting phase 1-2, Brainspotting International
- Rhytmic Movement Training 1-2, Rhythmic Movement Training International
- Diploma in Montessori for Early Childhood Education, Sunshine Teacher's Training
Lukito Sutanto
Seorang praktisi pendidikan, motivator dan coach yang sangat cakap dalam memperlengkapi para anak remaja dan dewasa dengan kendala perilaku dan belajar.
Beliau juga banyak membantu para orang tua dengan kesulitan pola asuh. Beliau telah mengikuti berbagai program pendidikan dan pelatihan di berbagai institusi terkemuka, dan berikut adalah beberapa sertifikasi yang telah dicapai oleh beliau:
- Diploma in Child Psychology and Learning Disorders Management
- Certified Practitioner in Therapeutic Play
- Certified Behaviour Consultant
- Certified Master DISC Analyst
- Certified Neuro-Semantic Practitioner, ISNS, USA
- Certified Meta Coach, Meta Coach Federation USA
- Certified Marriage Master Mentor & Relationship Coach, TIMFA, USA
o
Nurmala Sari, S.Kom
Ketua Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Remaja Spesial (YPPRS).
Saat ini aktif sebagai kepala divisi dan pelatih tataboga, handycraft dan UMKM di YPPRS, guru privat calistung dan bimbel SD, pengalaman mendampingi dan melatih remaja dan pemuda berkebutuhan khusus dalam berlatih bekerja dan produksi sejak tahun 2014. Menyelesaikan pendidikan di Universitas Budi Luhur pada tahun 2003.
Albertus Sunarto, S.Psi
Seorang pelayan gereja dan Married & Parenting Counselor yang melayani di Ambon, Maluku.
Beliau adalah ABA Therapist yang banyak menangani anak-anak berkebutuhan khusus sejak tahun 2003 dan sering memberikan seminar ABA di beberapa kota.
Beliau merupakan lulusan Psikologi Universitas Azzahra dan telah mengambil program advance diploma di College Allied Educator untuk bidang Special Education dan Learning Disorder Management and Child Psychology.
Ariel Miting
Pak Ariel Miting yang lebih dikenal dengan nama panggilan pak Chico adalah seorang pelatih atau guru les renang yang sudah sangat berpengalaman dalam mengajar dan melatih renang untuk segala usia.
Salah satu keahlian beliau juga adalah mengajarkan dan melatih renang untuk anak-anak atau individu dengan kebutuhan khusus. Sebelum terjun di dunia olahraga renang, beliau pernah bekerja sebagai seorang guru bimbingan dan konseling untuk beberapa tahun. Beliau lulusan FKIP Bimbingan dan Konseling IKIP Jakarta dan pendiri "Byur" Komunitas Renang Individu Berkebutuhan Khusus dan pemrakarsa festival renang disabilitas "Gebyar Gebyur"
Jersan Lie
Jersan telah menyelesaikan program Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Inklusi (PKTP2I) di CAE Indonesia.
Saat ini beliau berperan sebagai guru damping untuk anak usia dini dengan gangguan spektrum autisme dan gangguan perilaku. Beliau juga berpengalaman sebagai guru pendidikan karakter di salah satu sekolah bertaraf internasional di Bali. Beliau juga pernah bekerja sebagai konselor dan mentor anak-anak remaja. Beliau telah menyelesaikan pelatihan terapi konseling yaitu Solution Focused Brief-Therapy dari Academy of Solution Focused di bulan Juni 2010.
Apriany M. Hutaba, S.Pd
Mengawali Pendidikan sebagai lulusan Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Medan.
Saat ini sedang menempuh studi lanjut program Magister Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Mengawali karir menjadi salah satu Pendidik di Murni Victory School, di sinilah awal mula saya mengenal Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Selain saya sebagai salah satu Homeroom Teacher yang di dalamnya terdapat 2 anak Autisme, saya juga diminta menjadi shadow Teacher saat Guru lain sedang mengajar. Kemudian memutuskan untuk Fokus mempelajari Metode Pendidikan Montessori, Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus ADHD, Autisme, dan Speech Delay. Saat ini selain Fokus Kuliah, Apriany juga menjadi Shadow Teacher di sebuah Kindergarten School di daerah Banten, juga mengajar Private untuk Anak berkebutuhan khusus, ADHD, Speech Delay, juga anak umum dari TK - SMP Bilingual maupun Nasional.
Catherine Sessile Rotua Ambarita
Lulusan D3 Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma. Sekitar 8 tahun bekerja
kantoran dan memutuskan untuk fokus pendidikan anak usia dini dan 5 tahun lebih bekerja sebagai guru TK. Sesile memahami metode Montessori, Jolly Phonics, dan secara bertahap
menangani anak berkebutuhan khusus seperti ADHD, Autisme, dan Speech Delay. Sesile mampu berbahasa Inggris aktif dan pernah mempelajari bahasa Jerman. Saat ini Sesile bekerja sebagai shadow teacher utk anak ADHD, guru privat les untuk anak dengan speech delay, dan guru privat bahasa Inggris utk anak SD.
Haris Rahmansyah, S.Pd
Seorang guru pencak silat, guru les privat calistung dan terapis perilaku yang juga berpengalaman dalam mendampingi anak-anak dengan kendala perilaku dan kesulitan belajar. Beliau pernah bekerja sebagai wali kelas dan guru bahasa Inggris di SMPIT Al-Mufti.
Beliau telah menyelesaikan program studi S1 pendidikan bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Haris adalah seorang tenaga pendidik yang sangat peduli terhadap perkembangan anak-anak dengan kesulitan belajar. Beliau pernah bekerja sebagai guru damping (shadow teacher) di salah satu sekolah internasional terkemuka di daerah BSD.
Maria Angela Trisuci Paskalia, S.Pd
Maria telah menyelesaikan program studi S1 di fakultas pendidikan dan pelatihan guru dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dengan konsentrasi di bidang bimbingan dan konseling.
Saat ini bekerja sebagai konselor sekolah di Saint John’s Primary School. Maria pernah terpilih sebagai perwakilan dari Indonesia dalam menghadiri Taiwan International Youth Day. Maria pernah bekerja sebagai konselor sekolah untuk tingkat pendidikan menengah atas (SMA) di Stella Maris International School dan di tingkat pendidikan menengah pertama (SMP) di Ora et Labora. Di waktu luangnya, MARIA juga bekerja sebagai guru les privat dan semi privat untuk anak-anak TK dan SD dengan kesulitan belajar.